081310581434 pesan@fiforlif.id
Fiforlif Header

Makanan Penyebab Sembelit yang Harus Dihindari

Makanan penyebab sembelit dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita harus mewaspadainya agar tidak terjadi susah buang air besar. Setiap makanan memiliki kandungan zat masing-masing dimana setiap kandungan mempunyai manfaat dan kekurangannya sehingga Anda harus tahu agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Ini Dia yang Harus Dihindari: Makanan Penyebab Sembelit

Sembelit adalah gangguan pencernaan di mana kita sulit untuk buang air besar. Sembelit dapat terjadi pada siapa saja, baik anak kecil hingga orang tua. Terdapat beberapa penyebab yang bisa membuat kita mengalami sembelit, salah satunya adalah dari makanan. Ternyata, beberapa makanan jika dikonsumsi secara berlebih dapat menimbulkan sembelit. Oleh karena itu, Anda harus lebih waspada terhadap makanan-makanan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang menyebabkan sembelit:

  1. Pisang
    Banyak orang yang mengira bahwa semua buah-buahan memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga akan baik untuk tubuh. Ternyata hal ini tidak berlaku untuk buah pisang sebagai buah yang bikin susah bab. Pisang sering disebut sebagai makanan pengikat karena dapat menimbulkan sembelit. Untuk itu, hindari mengonsumsi pisang secara berlebih.
  2. Terlalu Banyak Makan Nasi
    Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Bahkan ada yang mengatakan jika belum makan kalau tidak makan nasi. Nasi mempunyai kandungan pati yang cukup banyak. Kandungan inilah yang kemudian dapat mengikat tinja sehingga jika Anda terlalu banyak makan nasi maka Anda dapat mengalami sembelit.
  3. Keripik
    Keripik menjadi salah satu cemilan favorit untuk menemani berbagai aktivitas. Rasa yang khas dari keripik adalah gurih dan renyah. Ternyata, mengonsumsi keripik secara berlebih dapat menyebabkan gangguan pada gerakan usus dan pada akhirnya terjadi sembelit.
  4. Es Krim
    Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini. Es krim memiliki berbagai variasi rasa, menyejukkkan dan sangat lezat, tidak heran jika hampir semua orang menyukai es krim. Padahal, es krim termasuk dalam makanan yang hampir tidak memiliki serat sehingga dapat menimbulkan gangguan pencernaan, seperti sembelit. Terlebih dengan kandungan susu dan gula di dalamnya yang semakin mempersulit buang air besar.
  5. Terlalu Banyak Susu
    Sebagian besar orang menganggap bahwa susu sangatlah baik untuk kesehatan tubuh sehingga mereka mengonsumsi susu dengan jumlah yang banyak. Tapi, tahukah Anda jika mengonsumsi susu secara berlebih ternyata dapat mengganggu kinerja usus sehingga menimbulkan sembelit. Menu makanan untuk sembelit dapat digunakan susu tapi dalam jumlah yang pas.
  6. Kue Kering
    Kue kering juga dikenal dengan biskuit di mana kandungan lemak dan gulanya cukup tinggi. Biasanya, makanan ini sering dinikmati bersama kopi atau teh yang kurang akan kandungan serat. Gula dapat menimbulkan timbunan lemak di paha dan juga menyebabkan sembelit. Untuk itu, jangan selalu mengonsumsi makanan kering tapi juga imbangi dengan makanan berserat, seperti sayuran.
  7. Daging Merah
    Daging api maupun kambing memiiliki kelezatan tersendiri saat dijadikan suatu masakan. Tapi, siapa sangka jika mengonsumsi daging yang berlebih ternyata dapat menyebabkan sembelit. Diketahui jika proses pencernaan daging merah sendiri membutuhkan waktu hingga 90 jam. Sangat lama bukan? Untuk itu, ketika Anda ingin mengonsumsi daging maka sertai juga dengan sayuran dan buah-buahan.
  8. Kafein
    Sebagian besar orang meminum kopi untuk membuat mereka terjaga dan semangat pada pagi hari. Hanya saja, kandungan kafein dalam kopi ini ternyata dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Terjadinya dehidrasi ini disebabkan karena kekurangan cairan di dalam tubuh sehingga salah satu akibatnya adalah terjadi sembelit. Jika Anda merupakan pecinta kopi maka imbangi cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi banyak air putih dan makanan berserat.
  9. Makanan Beku
    Beberapa orang lebih suka menggunakan makanan beku karena lebih praktis, yakni tinggal memanaskannya dan Anda sudah bisa mengonsumsinya. Tapi Anda perlu ingat karena makanan yang dibekukan ini dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Hal ini disebabkan makanan beku memiliki kandungan serat yang sangat rendah, justru mengandung banyak pengawet yang akhirnya akan mengendap dan mengganggu sistem pencernaan.
  10. Makanan Yang Digoreng Dengan Minyak Berlebih
    Banyak orang yang suka dengan gorengan atau makanan berminyak lainnya. Tapi, tahukah Anda jika makanan yang digoreng dengan banyak minyak dapat menghancurkan serat pada makanan sehingga makanan tersebut akan menghambat gerakan usus yang tubuh menjadi rentan terkena sembelit. Inilah makanan yang tidak boleh dimakan saat sembelit. Oleh karena itu, ketika Ada mengolah makanan, pastikan jika cara pengolahannya sudah dilakukan dengan tepat agar kandungan nutrisi di dalam makanan tidak berkurang atau bahkan hilang.

Cara Pencegahan Sembelit

Mengalami sembelit pastinya tidak akan nyaman karena perut terasa penuh dan sesak. Untuk itu, sebelum terjadi sembelit kita dapat melakukan cara-cara yang bisa mencegah terjadinya sembelit. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dipilih:

  1. Hindari Penggunaan Pencahar
    Beberapa orang memilih menggunakan pencahar perut untuk membantu mereka terlepas dari sembelit, tapi hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh sehingga sebisa mungkin hindari penggunaan pencahar ini.
  2. Konsumsi Cairan Sesuai Kebutuhan
    Tubuh harus dipenuhi akan kebutuhan cairannya atau mineralnya. Pastikan jika tubuh tidak kekurangan cairan. Biasakan untuk minum air sebanyak 8 gelas per hari sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing orang.
  3. Jangan Menunda Buang Air Besar
    Menunda buang air besar maka menunda pembuangan sisa makanan di dalam usus besar. Padahal, pada usus tersebut terdapat proses penyerapan air jadi ketika kita menunda buang air besar maka penyerapan air akan semakin banyak hingga akhirnya menimbulkan sembelit.
  4. Buang Air Besar Secara Rutin
    Sisa makanan yang tertumpuk dalam usus besar dapat menjadi sarang kuman jika tidak segera dikeluarkan. Untuk itu, lakukan buang air besar secara rutin.

Demikian makanan penyebab sembelit yang harus dihindari oleh Anda.

harga fiforlif murah
fiforlif
s

P E N T I N G

KAMI SERIUS DALAM MENJALANKAN BISNIS ONLINE
ALAMAT LENGKAP KAMI DI BAWAH INI :

FIFORLIF ID CENTER
Jl. Cipaku II No.16, RT.11/RW.4, Petogogan, Kby. Baru
JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA 12170

WA/SMS : 0813 1058 1434, Pin BB : D0126326
Email : pesan@fiforlif.id

Pin It on Pinterest

Share This