081310581434 pesan@fiforlif.id
Fiforlif Header

Apa Perbedaan Perut Buncit dengan Obesitas Biasa?

Apa perbedaan perut buncit dengan obesitas biasa merupakan pertanyaan dari banyak orang. Perut buncit rupanya berbeda dengan kegemukan biasa dan terkadang perut buncit juga dapat menjangkit pada orang yang bertubuh proporsional atau normal. Penimbunan lemak di dalam perut dan menjadikan perut menjadi buncit merupakan obesitas sentral dan ini berbeda dengan obesitas biasa (kegemukan). Apa itu obesitas sentral dan apa resiko yang dapat terjadi pada orang yang mengalami obesitas sentral dapat disimak pada ulasan berikut.

Mungkin obesitas sentral masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Obesitas sentral adalah suatu kondisi dimana lemak banyak tertimbun pada bagian abdomen atau bagian perut saja. Obesitas sentral lebih dikenal dengan perut buncit. Obesitas sentral tidak hanya dapat menyerang orang yang berbadan gemuk namun juga dapat menyerang orang-orang yang berbadan kurus atau berbadan normal.

Berbeda dengan obesitas atau kegemukan, kondisi ini merupakan kelebihan lemak pada tubuh yang tidak seimbang dengan tinggi badan. Konsep pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT) biasanya digunakan untuk mengetahui apakah seseorang menderita obesitas. Sedangkan obesitas sentral atau perut buncit diukur dengan lingkar perut (penjelasan di bawah).

Kesimpulannya, seseorang yang menderita obesitas biasa, belum tentu mengalami perut buncit atau obesitas sentral dan sebaliknya. Mengapa? Karena seseorang yang menderita obesitas biasa memiliki lemak tubuh berlebih bisa saja memiliki timbunan lemak di area tubuh yang lainnya, namun tidak menumpuk di bagian perut. Sedangkan seseorang yang menderita obesitas sentral hanya memiliki penumpukan di bagian perut tetapi tidak di area tubuh yang lainnya.
Penjelasan lebih lanjut tentang obesitas sentral/perut buncit

Ciri perut buncit karena lemak atau obesitas sentral dapat diketahui dengan melakukan pengukuran lingkar perut. Batas normal ukuran lingkar perut untuk perempuan adalah 80 cm sedangkan untuk laki-laki ialah 90 cm. Atau yang lebih mudah, jika lingkar perut lebih besar dari lingkar panggul, sudah dapat dipastikan bahwa orang tersebut terserang obesitas sentral atau perut buncit. Ciri-ciri tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengetahui Apa perbedaan perut buncit dengan obesitas dilihat dari ukuran lingkar perut serta lingkar pinggul.

Beberapa Hal Penyebab Perut Buncit

Perut buncit tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab obesitas sentral atau perut buncit pada seseorang. Ada beberapa hal yang dapat menjadikan perut menjadi buncit dan menimbun banyak lemak yang tidak baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah penyebab perut buncit:

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat secara berlebihan.
  2. Mengonsumsi lemak tanpa kontrol.
  3. Ketidakseimbangan antara konsumsi makanan mengandung lemak tinggi dengan olahraga.
  4. Makan malam secara berlebihan dan langsung tidur sebelum dua jam setelah makan.
  5. Mengonsumsi minuman berkarbonasi atau beralkohol secara terus menerus.
  6. Terkena penyakit. Pada umumnya penyakit yang dapat menyebabkan perut menjadi buncit antara lain kanker yang berada dalam sekitar perut, penyakir hati atau lever, busung lapar atau penyakit lainnya. Ciri-ciri perut buncit karena penyakit dapat dengan mudah diidentifikasi jika selalu berkonsultasi dengan dokter atau pihak medis lainnya.

Resiko Perut Buncit

Perut buncit memang sudah menjadi rahasia umum jika menyebabkan beberapa resiko. Resiko yang harus dihadapi oleh seseorang yang memiliki perut buncit atau obesitas sentral antara lain dapat meningkatkan resiko penyakit degeneratif. Beberapa penyakit yang dapat menyerang antara lain diabetes karena sekresi insulin, kemdian obesitas juga dapat menyebabkan mudah terjangkit penyakit btekanan darah tinggi yang dapat berpotensi menyebabkan stroke.

Selain itu, obesitas juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami kelebihan kadar kolesterol di dalam tubuh yang selain dapat berdampak menjadi penyakit stroke, kelebihan kolesterol juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Karena begitu banyak resiko terkena penyakit yang cukup mematikan, maka cegah dan atasi perut buncit atau obesitas sentral dengan beberapa langkah berikut ini:

  1. Olahraga Secara Teratur
    Setelah mengetahui tentang apa perbedaan perut buncit dengan obesitas, kini saatnya anda menyimak informasi mengenai cara untuk mengatasi serta mencegah perut buncit. Cara yang pertama adalah dengan melaksanakan olahraga secara teratur. Olahraga akan membuat proses pembakaran lemak di dalam tubuh menjadi lebih optimal dengan ditandai keluarnya keringat yang merupakan sisa sekresi. Lakukan olahraga secara teratur minimal tiga puluh menit dalam satu hari supaya lemak yang terdapat pada tubuh dapat dibakar dengan maksimal.
  2. Pola Tidur yang Tepat
    Waktu tidur yang tepat ternyata memiliki peranan penting dalam meluruhkan lemak serta menyeimbangkan proses metabolisme dalam tubuh manusia. Sudah dijelaskan secara detail mengenai ciri-ciri perut buncit yang salah satunya dapat dilihat melalui ukuran perut. Waktu tidur malam selama 6 hingga 7 jam setiap harinya dapat membuat produksi lemak visceral menjadi sedikit. Hal ini dapat menjauhkan Anda dari perut buncit.
  3. Melaksanakan Program Diet dengan Mengoptimalkan Konsumsi Serat
    Meluruhkan lemak pada bagian perut memang lebih susah dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Diet yang tepat yang dapat dilakukan ialah dengan mengatur pola asupan lemak dan karbohidrat serta mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung serat tinggi agar memperlancar proses pencernaan makanan.
  4. Hindari Stress
    Dalam keadaan stress atau banyak pikiran, orang cenderung tidak dapat mengontrol baik pola hidup mereka serta pola makan. Orang yang terserang stress berisiko lebih tinggi terkena obesitas dan perut buncit. Oleh karena itu, hindari stress dengan melakukan berbagai aktifitas yang menyenangkan hati.

Demikian penjelasan mengenai jawaban atas pertanyaan apa perbedaan perut buncit dengan obesitas dan penyebab serta cara mencegah maupun mengatasinya.

harga fiforlif murah
fiforlif
s

P E N T I N G

KAMI SERIUS DALAM MENJALANKAN BISNIS ONLINE
ALAMAT LENGKAP KAMI DI BAWAH INI :

FIFORLIF.ID – Agen Fiforlif Jakarta
Jl. Cipaku II No.16, RT.11/RW.4, Petogogan, Kby. Baru
JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA 12170

WA/SMS : 0813 1058 1434, Pin BB : D0126326
Email : pesan@fiforlif.id

Pin It on Pinterest